Dapatkan Penawaran Terbaik Untuk Pembelian Mobil Honda. Konsultasi Sekarang Dan Dapatkan Banyak Benefit Dari Membeli Honda Disini. Info Harga, Spesifikasi & Promo Honda Lengkap Hanya Disini. Honda berusaha menjangkau semua pelanggan dengan memberikan rentang harga yang bersahabat.
Menu
Model
Beranda » Tips Otomotif » Berikut Ciri ciri Jika Kompresor AC Mobil Bermasalah

Berikut Ciri ciri Jika Kompresor AC Mobil Bermasalah

Dipublish pada 11 Oktober 2019 | Dilihat sebanyak 420 kali | Kategori: Tips Otomotif

Terik sinar matahari dan panasnya udara perkotaan membuat setiap pengendara tidak bisa lepas dari AC. Oleh karena itu, AC menjadi komponen penting dari mobil yang tidak bisa dikesampingkan.

Namun, bagaimana jika di saat berkendara, tiba-tiba Anda merasa bahwa ada yang tidak beres dengan AC mobil? Jika Anda merasa ada yang tidak biasa pada kinerja AC mobil, kecurigaan pertama patut ditujukan kepada kompresor AC.

Gejala-gejala ringan seperti bunyi tak wajar dan embusan udara panas di rpm rendah, bisa jadi indikasi awal rusaknya kompresor. Berikut 4 ciri kompresor AC bermasalah,

1. Bunyi

Pada saat tombol AC diubah ke posisi “1-2-3” (tanda AC mulai bekerja), terdengar suara agak kasar, atau bisa diartikan sebagai suara ngorok mirip gesekan.

Begitu tombol digeser lagi ke posisi OFF, suara di balik kap kembali normal. Penyebab suara kasar atau ngorok bisa karena oli kompresor kurang atau habis, piston aus, bearing longgar, hingga as kurang presisi.

2. Kompresi berkurang

Untuk tahap awal, embusan udara AC terasa kurang dingin apabila mesin berada di rpm rendah. Ketika digas atau mobil mulai jalan di kecepatan tertentu, embusan mulai lebih dingin.

3. Bocor

Embusan udara AC tidak dingin secara bertahap, tergantung seberapa besar kebocoran itu. Semakin besar kebocorannya, semakin cepat freon habis dan semakin cepat terasa tidak dingin udara dalam kabin.

Tapi rata-rata kebocoran pada kompresor biasanya memerlukan waktu satu hingga enam minggu, sampai freon habis total.

Bagikan
Artikel Menarik Lainnya

Ini Yang Terjadi Jika Mobil Anda Kelbihan atau Kekurangan Oli Mesin

Dipublish pada 11 Oktober 2019 | Dilihat sebanyak 399 kali | Kategori: Tips Otomotif

Pada umumnya, pemilik mobil melakukan servis dan penggantian oli mesin mobil secara berkala atau periodik (kelipatan 10.000 km). Padahal, oli mesin merupakan kebutuhan penting pada mobil. Hal ini dikarenakan oli memiliki fungsi vital pada mobil. Bukan hanya sebagai pelumas, namun... selengkapnya

Cara Mencegah Masalah Pada AC Mobil

Dipublish pada 11 Oktober 2019 | Dilihat sebanyak 381 kali | Kategori: Tips Otomotif

Penggunaan AC sudah menjadi keharusan bagi para pengguna mobil. Tetapi seiring penggunaan AC, harus juga diikuti dengan perawatan berkala untuk mendapatkan kenyamanan maksimal dan terhindar dari masalah. Penggunaan AC tanpa diiringi dengan perawatan dapat menimbulkan masalah. Seperti AC mengeluarkan bau... selengkapnya

Rekomendasi Parfum Mobil yang Enak, Wangi, dan Tahan Lama

Dipublish pada 11 Oktober 2019 | Dilihat sebanyak 294 kali | Kategori: Tips Otomotif

Memilih parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 rekomendasi parfum untuk mobil dengan berbagai rentang harga dan varian aroma yang beragam. Yuk langsung cek saja.... selengkapnya